Rabu, 04 Januari 2017

4 Hal yang sering ditanyakan saat beli gitar

Ketika beli gitar seringkali pemula mempertanyakan terlalu banyak hal hingga membuat penjual atau penjaga toko malas menjawab, karena sudah sering mendengar pertanyaan yang sama berulang-ulang. Sebagai seorang pemula sebaiknya kita tidak menambah beban kerja mereka dengan mengetahui lebih dulu mengenai pertanyaan seperti apa yang biasanya diajukan oleh pembeli.

Setidaknya dengan mengetahui pertanyaan dan jawabannya kita tidak perlu lagi mempertanyakan hal tersebut kepada penjual dan berkonsentrasi untuk pertanyaan lain. Setidaknya inilah 4 hal yang seringkali ditanyakan oleh pembeli gitar:

a.      Bisakah saya menggunakan string baja untuk gitar klasik yang akan saya beli?

Nah ini adalah pertanyaan pertama yang kerap didengar oleh para penjual. Jawaban dari pertanyaan ini tentu saja tidak boleh. Menggunakan string baja untuk gitar klasik hanya akan merusak gitar dan berpotensi melukai diri sendiri terlebih jika fretboardnya putus. Jadi jangan mencoba berkesperimen ya, gunakan string bawaan yang sudah ada sejak kamu beli gitar pertama kalinya

b.      Seberapa besarkah efek panas dan dingin pada gitar? Apakah perlu ditambah dengan humidifier?

Tahukah kamu jika meninggalkan gitar akustik dibawah terik matahari selama satu hari penuh dapat merusak gitar? Selain itu meninggalkan gitar ditengah badai angin dan hujan juga tidak lebih baik. Jika dirasa cuaca disekitarmu terasa dingin gunakan pemanas saja, sebaliknya jika terlalu panas gunakan AC. Jika masih ragu barulah gunakan humidifier.

c.       Apakah boleh menggunakan plectrum untuk gitar klasik?

Jika kamu yakin bisa maka pada akhirnya akan bisa. Namun jika ragu-ragu biasanya akan menyebabkan kerusakan pada gitar. Memang menggunakan plectrum akan membuatmu nampak keren, namun jadi tidak cool lagi ketika jarimu sendiri terluka. Saran saya jika masih ditahap belajar sebaikanya hindari dulu penggunakaan plectrum

d.      Apakah saya juga harus punya amplifier?

Amplifier itu seperti dewa yang mampu mengubah suara gitar bututmu menjadi indah. Kamu bisa mendapatkan suara seindah apapun dengan menggunakan amplifier. Jika ingin sedikit bereksperimen cobalah untuk mengubah beberapa kontrol gitar dan lihatlah keajaiban yang akan terjadi.

http://id.yamaha.com/id/products/proaudio/speakers/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar