Kamis, 08 Desember 2016

3 Tips Tuning Agar Gitar Terbaikmu Tetap Terjaga

Salah satu rahasia menjaga kualitas gitar adalah tuning yang tepat secara berkala. Masalah tuning ini cukup merepotkan untuk kamu yang belum paham caranya, tapi sangat mudah bila kamu mau mempelajarinya. Bila perlu ketika beli gitar mintalah kepada sang penjual untuk mengajarimu caranya mentuning gitar.

Memang tidak bisa hanya dijelaskan sekali saja, butuh berkali-kali latihan. Tapi setidaknya kamu sudah tahu sedikit demi sedikit. Selain belajar dari penjual atau toko musik cara tuning yang baik juga bisa kamu dapat didunia maya. Sementara kali ini saya akan memberikan 3 tips sederhana mentuning gitar. Berikut pemaparannya:

a.      Belajar mendengar nada

Hal paling penting dari proses tuning adalah bagaimana kepiawaian telingamu dalam mengenal nada. Tuning yang baik itu bergantung pada kemampuan gitaris untuk mencocokkan nada dengan telinga. Tak ayal proses tuning ini memang kebanyakan hanya bisa dilakukan oleh gitaris tingkat menengah yang sudah akrab dengan suara gitar yang selaras.

Tapi bukan berarti pemula tak bisa melakukannya, kamu yang masih baru mengenal kita bisa belajar dengan sedikit waktu dan kesabaran. Lagipula sudah ada tuner elektronik yang menyediakan cara cepat dan akurat untuk melakukan tuning.

b.      Mengakrabkan diri dengan proses tuning

Sebelum belajar untuk tune gitar, pemain harus paham dulu mengenai string. Di tuning standar gitar akustik, tuning dimulau dari nada string keenam ke string pertama yakni E, A, D, G, B, dan
E. Latihlah proses tuning ini agar telingamu semakin akrab. Semua metode ini membutuhkan kesabaran dan telinga yang sensitif.

Buat gitaris baru mungkin dibutuhkan waktu lebih lama untuk bisa mentuning gitar, tapi ini seharusnya tidak menjadikan mereka patah semangat . Setelah kamu mulai akrab dengan notes-notes dasar, semua gaya tuning akan akan bisa kamu kuasai dengan lebih mudah.

c.       Belajar Untuk Tune By Ear

Kemampuan untuk mentuning dengan kekuatan telinga adalah keterampilan yang berharga. Namun, dibutuhkan lebih banyak waktu untuk belajar, sebab dibanding metode lain tuning dengan telingan jauh lebih sulit apalagi jika tanpa bantuan tuner elektronik.Tuning dengan telinga juga dapat digunakan untuk memastikan bahwa suara gitar sudah selaras.

http://id.yamaha.com/id/music_education/courses/teens_and_adults/guitar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar