Selasa, 10 Januari 2017

Hal yang mesti dilakukan gitaris saat berada diatas panggung

Live music kadang-kadang jadi momen menakutkan untuk para gitaris terutama mereka yang masih pemula. Beberapa akhirnya menampilkan pertunjukan yang berlebihan demi mendapatkan atensi penonton, sementara sebagian lain justru menjadi rendah diri. Bermain tepat dan baik itu soal pengalaman, bukan hanya soal seberapa jauh kamu telah belajar atau seberapa banyak budget yang telah digelontorkan untuk beli gitar.

Kegagalan beberapa gitaris diatas panggung biasanya tak jauh dari pengabaian mereka terhadap beberapa aspek yang justru fundamental. Agar tak mengalami pengalaman serupa berikut ini saya jabarkan hal-hal yang mesti dilakukan seorang gitaris saat diatas panggung. Memang tidak merepresentasikan seluruhnya namun cukup bisa mewakili.

a.      Fokus pada kunci

Saat berada diatas panggung biasanya permainanmu sulit dikendalikan, sebabnya karena terlalu terbawa suasana. Ketika hal seperti ini menimpamu sebaiknya cepat kembali ke trek dan mengingat kembali note yang seharusnya dimainkan pada fretboardmu. Jangan sampai euforia penonton dan keceriaan teman-teman pemegang instrumen lain mengalihkan duniamu.

b.      Tune up

Setiap gitaris pasi disediakan tuner saat tampil diatas panggung, jangan pernah melewatkannya begitu saja! Setidaknya sisihkan 10 menit waktumu untuk melakukan tune up gitar. Jangan sampai penonton mendengar suara gitarmu yang tidak selaras saat kamu mulai memainkan musik. Jagalah daya tarik penonton karena dari atensi merekalah kamu dapat bertahan diatas panggung.

c.       Pegang catatan akord

Jika belum terlalu percaya diri memainkan sebuah karya musik sebaiknya jangan mencoba bunuh diri dengan tampil tanpa catatan. Penonton akan memaklumi hal itu selama kamu tampil sempurna. Kamu bisa membawa catatan dan ditempatkan didepan areamu bermain, mungkin untuk kali pertama ini merepotkan namun sungguh membantu jika tiba-tiba diatas panggung kamu lupa dengan akord yang mestinya dimainkan.

d.      Perhatikan irama dan melodi

Bermain gitar itu bukan hanya soal nada karena ada juga melodi dan irama yang mesti dijaga, belajarlah untuk menciptakan melodi sebelum memutuskan untuk menerima tawaran tampil live agar penampilanmu terasa lebih hidup.

http://id.yamaha.com/id/products/proaudio/speakers/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar