Senin, 08 Agustus 2016

Tips jitu merekam gitar akustik

Merekam gitar akustik tidaklah sesulit yang kamu bayangkan namun juga tidak mudah. Jika cekatan kamu bisa mendapatkan suara gitar yang baik, namun jika kamu termasuk pemalas maka bersiaplah mendapatkan suara yang kurang maksimal. Setidaknya kamu harus belajar keras ketika merekam suara gitar diawal pertama kali kamu melakukan proses rekaman.

Belajar keras disini artinya kamu harus menentukan terlebih dulu gitar yang akan digunakan untuk rekaman. Pastikan sudah beli gitar yang tepat sehingga kamu bisa menghemat lebih banyak waktu saat mixing. Bayangkan jika ditengan proses rekaman tiba-tiba yang kamu dapati adalah suara gitar yang memecah telinga berapa banyak waktu yang diperlukan untuk mencoba suara gitar lain?

Kemudian yang harus diperhatikan juga adalah penempatan mikrofon, saat merekam gunakan dua mikrofon yang ditempatkan didepan body dan diantara bridge. Jarak mikrofon harus sekitar 6 inci dari gitar, jaga jarak tersebut jangan sampai terlalu dekat maupun jauh. Jika terlalu dekat akan menimbulkan suara seperti bergesek sementara terlalu jauh membuat suara yang keluar sangat lemah.

Selain posisi, hal lain yang juga mesti diperhatikan adalah posisi kamu bermain, yakni jangan membungkuk. Memang ada beberapa gitaris yang gayanya membungkuk ketika memainkan senar. Namun sebenarnya posisi seperti ini buruk untuk rekaman karena menyebabkan suara tidak sampai ke mikrofon dengan maksimal. Tegakkan badanmu ketika memegang gitar dengan pandangan ke arah senar.

Biasakan duduk tegak agar posisi bermainmu juga menjadi tegak. Biasanya akan sulit duduk tegak jika kamu belum terbiasa. Oiya, saat mixing jika bisa gunakan capo biasanya suara yang terdengar bisa lebih jernih. Praktekan segera tips ini dan dapatkan suara gitar terbaikmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar