Rabu, 10 Agustus 2016

3 Alasan mengapa banyak band terus terjebak di studio

Kamu sudah punya band, sudah mampu beli drum sendiri dan juga gitar serta keyboard yang membuat kalian tak membutuhkan lagi sewa studio. Setiap hari berlatih tanpa jeda, sesuka hati dan bahkan mampu menciptakan lagu. Tapi, dengan semua kelebihan dan kemewahan tersebut mengapa kamu masih saja berada didalam studio?

Tidak pernakah terlintas dalam benak kamu dan teman-temanmu untuk menciptakan sebuah album? Atau kalian sudah pernah membuatnya namun ternyata gagal dipasaran. Lagu kalian tidak disukai bahkan cenderung dihujat? Mungkin hal itu terjadi karena kamu dan bandmu mengalami hal ini:

a.       Kurang evaluasi lagu

Jangan ragu untuk menghabiskan berminggu-minggu bahkan sampai berbulan-bulan untuk menyempurnakan materi lagi. Putar lagumu di berbagai gigs, didepan teman-teman bahkan didepan orang tuamu dan dapatkan sebanyak mungkin kritik dari mereka. Inilah yang sering dilewatkan para band.

Mereka terlalu percaya diri hingga terpaksa merekam album yang sebenarnya biasa-biasa saja. Percayalah, ketika kamu melakukannya, kamu akan melihat kelemahan penting dalam struktur lagu, tempo atau pengaturan (kecuali jika kamubenar-benar berbakat / berpengalaman dan bisa menulis lagu yang sempurna)

b.      Judul lagu

Kadng-kadang kita tidak pandai memilih judul padahal ini adalah salah satu daya Tarik sebuah lagu. Jika kamu dan bandmu kesulitan memilih judul sebaiknya berkonsultasilah dengan banyak musisi biasanya mereka akan memberikan saran yang cukup penting. Kebanyakan band yang gagal juga asal-asalan ketika menulis judul, dengan tidak mempertimbangkan selera audiens

 c.       Takut mengambil resiko

Siapapun dia tidak harus berprofesi sebagai musisi jika tak berani mengambil resiko akan sulit menuai kesuksesan. Resiko disini artinya kamu berani menciptakan music unik yang mungkin akan menjadi pro dan kontra. Kamu tidak akan pernah tahu apakah lagumu bakal diterima public atau tidak sampai kamu mencobanya. Jadi, jangan khawatirkan apapun selama belum dicoba. Banyak band gagal hanya karena mereka takut menghadapi berbagai resiko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar