Senin, 06 Juni 2016

Tips Membuat Dan Mengedit Drum Cover

Membuat cover lagu, sepertinya memang menjadi hal yang menarik untuk dilakukan saat ini, terlebih lagi jika bisa lebih bagus dari penyanyi aslinya. Dan tak hanya cover lagu, karena sekarang ini banyak sekali drummer yang ingin eksis,salah satunya dengan bikin drum cover. Namun,jika teknik yang digunakan salah dalam membuat drum cover, hasilnya malah kurang memuaskan.Gimana sih cara membuat drum cover yang baik?

Membuat drum cover yang baik juga tidak harus menggunakan barang-barang yang mahal, tidak harus beli drum baru, cukup modal
kamera sama komputer saja,saya ada sedikit saran. Dengarkan lagu yang akan dimainkan. Hal ini dilakukan agar kita tahu beat drum apa yang akan digunakan serta kapan kita harus melakukan fill ataupun variasi beat. Kalau sudah siap,letakkan kamera di posisi yang tepat karena peletakan kamera juga akan mempengaruhi suara yang akan direkam.

Kalau saran saya sebaiknya kamera diletakkan di depan drum sekitar 2 atahu 3 meter dengan ketinggian sekitar 1,5 meter. Nyalakan kamera dalam mode video kemudian mulailah mainkan drum sesuai dengan lagu yang dipilih. Suara lagunya tidak perlu dibunyikan pakai speaker,cukup didenger aja pakai headset. Jadi yang kerekam hanya suara drumnya. Hal ini juga agar kualitas suara yang dihasilkan dapat lebih baik.

Copy video dari kamera ke komputer atau laptop. Edit video dengan menggunakan aplikasi yang sudah tersedia,kalau beberapa pembuat drum cover sih cukup menggunakan Windows movier maker saja. Kalau ada aplikasi yang lain juga boleh, cuma disini kita akan membahas
bagaimana kita akan mengedit video dengan menggunakan Windows Movie Makeryang sederhana ini. Meski ada kelemahan dari menggunakan Windows Movie Maker yaitu tidak dapat membuat video dengan multi angle.

Setelah kita berhasil membuka Windows Movie Maker, cara pertama yang harus dilakukan adalah memasukan musik dan juga video yang akan kita edit. Untuk memasukan video, kamu bisa langsung klik add videos and photos kemudian cari videonya. Sedangkan untuk memasukan musik, bisa langsung klik add music. Setelah dimasukkan dua-duanya, antara video dengan musiknya pasti belum padu. Kita harus mix lagu dengan videonya agar dimulainya bersamaan.

Caranya, kamu bisa klik Music tools,ada dibagian atas, kemudian ubah start time. Disini harus perlu kerja keras sedikit,setiap start time diubah kita harus mendengarnya untuk memastikan apa sudah sama okey atau belum antara musik dengan videonya. Namun jika sudah sering melakukannya,akan mudah nantinya. Gantilah start time sampai musik dengan videonya padu. Setelah musik dan videonya padu, dapat ditambahkan efek videonya. Untuk suara baik di Music Tool atau mungkin Video Tools ada efek fade in dan fade
out.Fade in untuk memulai dengan suara dikecilkan terlebih dahulu kemudian normal. Fade out untuk suara yang dikecilkan. Untuk segi
visual,klik video tools lalu pilih yang visual effect.

Tentu akan banyak sekali efek yang bisa digunakan,coba saja satu-satu. Terakhir kita save videonya, kita juga bisa memilih dalam setting apa yang akan kita save nantinya. Untuk hasil yang lebih baik bisa disimpan dalam 1080p atahu 720p,tentu akan semakin besar juga memorinya nanti. Untuk hasil normal cukup disimpan dalam setting for computer biasanya 360p.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar